Perawatan Harian Mobil Sebelum Dikendarai Supaya Aman dan Awet

Home / ARTIKEL / Perawatan Harian Mobil Sebelum Dikendarai Supaya Aman dan Awet

pemeriksaan ban mobil

Memiliki mobil pribadi memang menyenangkan. Bisa bepergian kapan saja tanpa harus repot naik kendaraan umum. Namun memiliki kendaraan pribadi juga harus rajin melakukan perawatan secara rutin supaya kendaraan selalu aman dan awet.

Jika Anda lengah dalam melakukan perawatan harian ini, Anda dapat mengalami kerugian. Pertama perjalanan Anda bisa jadi terganggung akibat adanya kerusakan kecil di jalan, atau dalam jangka panjang mobil Anda cepat mengalami kerusakan. Tidak awet!

Nah ini dia perawatan harian mobil sebelum dikendarai supaya aman dan awet.

  1. Pemeriksaan tekanan ban. Meskipun sepele, kegiatan ini hendaknya dilakukan setiap akan memulai perjalanan. Tekanan ban yang pas akan menghemat bahan bakar kendaraan Anda. Selain itu jika tekanannya tidak pas, bisa jadi mobil menjadi tidak nyaman dikendarai. Pemeriksaan tekanan ban ini juga termasuk ban cadangan / ban serep.
  2. Pemeriksaan aki mobil. Khususnya jika Anda menggunakan aki basah dengan cairan. Maka cairan harus diperiksa secara berkala setidaknya sebulan sekali. Alangkah baiknya jika setiap hari dicek jangan-jangan airnya sudah melewati batas lower. Periksa juga baut pada klem aki pastikan tidak longgar supaya tidak memicu getaran ketika perjalanan
  3. Pemeriksaan lampu-lampu dan klakson. Khususnya jika Anda ingin bepergian di malam hari, maka pastikan headlamp dalam keadaan baik. Pastikan juga lampu sign / sein bekerja dengan baik kanan maupun kiri. Cek juga klakson-nya pastikan bisa berbunyi dengan nyaring.
  4. Pemeriksaan kunci standar kendaraan, segi tiga pengaman dan dongkrak. Semua tentu ingin lancar selama perjalanan. Namun bisa saja Anda mengalami gangguan kecil seperti tiba-tiba ban kempes tapi masih jauh dari tukang tambal ban. Maka segitiga pengaman, dongkrak dan kunci roda akan sangat diperlukan.
  5. Pemeriksaan bahan bakar / BBM. Jangan sampai kehabisan BBM saat dalam perjalanan, khususnya yang tidak terlalu sering bertemu dengan SPBU. Maka ketika berangkat pastikan BBM masih banyak dan cukup untuk perjalanan.
  6. Periksa kotak P3K. Meskipun terdengar sepele namun kotak P3K memiliki peran penting di jalan ketika hendak menolong korban kecelakaan. Pastikan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau bahasa inggrisnya First Aid Kit. Pastikan isinya masih ada, dan belum kadaluwarsa. Isinya biasanya meliputi betadin, kasa steril, kain perban, plester tanpa obat, dan sebagainya. Supaya lebih lengkap, belilah di apotek secara terpisah. Jika membeli kit P3K biasanya isinya cuman sedikit.

Nah itu tadi beberapa hal penting yang harus Anda periksa sebelum mulai mengendarai mobil Anda. Pemeriksaan tadi secara rutin dapat memberikan ketenangan batin selama perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *